Bupati, ketua dprd dan kadis pertanian panen buah melon

PANARAGAN. (Pr)

Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, Ir.Umar Ahmad,Sp. Bersama Ketua DPRD Ponco Nugroho serta Kepala Dinas Pertanian setempat Ir. Samsul Komar.  Melakukan panen perdana buah melon. (13/12/21)

Dalam kesempatan tersebut Umar Ahmad,meng-apresiasi perkebunan melon yang digagas oleh dinas pertanian setempat dalam hal guna mengembangkan usaha tani lainnya yakni, menanam buah melon dan kedepannya terus dikembangkan lagi dengan tanaman buah-buahan selain melon.  
" dengan menanam buah melon, ini merupakan usaha pilihan baru bagi kelompok tani ditubaba ini, dan bisa dikembangkan dengan menanam buah-buahan lain nya. " kata umar.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut  Anggota, DPRD lain dari Fraksi PDIP . Nadirsyah, Ansyori.
Serta Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga, Mansyur Yusuf.

Perkebunan buah melon yang berada Kelurahan Daya Murni. Kecamatan Tumi Jajar. RK IV  Tubaba. Tersebut di harapkan dapat terus di kembangkan sebagai usaha tani lainnya. Selain  hasil yang menjanjikan, pengelolaan nya juga cukup mudah dan simple tidak memerlukan biaya atau modal yang besar. 
Hal ini disampaikan samsul komar saat dikompirmasi wartawan 
"Saya sangat berharap petani di tubaba ini dapat terus mengembangkan perkebunan buah melon ini, karena sangat menjanjikan, dengan modal yang minim tapi hasil berlimpah" jelas samsul.

Melon tersebut kata dia, ada tiga jenis diantaranya. Golden Apollo, Alyssa, dan Alina. Dengan masa panen sekitar umur 60 - 65 hari.

"Modal nya relatif,  tergantung penanganannya, rata-rata sekitar Rp10.000 - 8000 - 7000 per batang." Katanya.


Untuk perawatan tanamannya sangat standar, pertama penyiapan lahan, pembajakan lahan Dan tak kalah penting lagi menyiapkan 

pupuk kandang serta obat pengendalian hama. Berkaitan perawatan pupuk nya, itu terus berjalan.

"Modal per batang bisa ditekan lagi sebenarnya, pasca hasil panen ini diharapkan petani bisa menyambut baik, apalagi melihat akses tol transportasi sudah bagus, sehingga untuk penjualan atau pengiriman sudah lancar." Tutupnya. (Pr04)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar